Sinopsis Singkat Buku Karya Carol S. Dweck
Category: Bisnis

Sinopsis Singkat Buku Karya Carol S. Dweck

Mungkin masih ada banyak orang yang belum mengenal sosok Carol S. Dweck. Carol merupakan seorang wanita asal Amerika yang berprofesi sebagai profesor psikologi di Stanford University. Menjadi seorang profesor di universitas ternama dunia, Carol tentunya memiliki pemikiran yang berbeda dengan orang biasa. Hal tersebut dibuktikan melalui karya sastranya yang berisikan hal-hal menarik dimana tidak semua orang dapat memikirkannya. Mindset merupakan buku karya Carol S. Dweck yang dapat mengubah cara pikir manusia dalam melihat dunia. Sinopsis atau ide yang tertuang pada buku mampu menarik perhatian dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan posisi buku sebagai top seller selama 13 tahun di situs belanja dunia, Amazon.

Mengenal Lebih Dekat Buku Karya Carol S. Dweck

Sinopsis Singkat Buku Karya Carol S. Dweck

Kesuksesan yang dialami oleh Mindset berbeda dengan karya sastra lainnya. Jika buku-buku lain menemui kesuksesan berkat menawarkan sisi praktis, buku karya Carol S. Dweck justru mengajak para pembacanya untuk mengenal masalah inti kesuksesan, yakni pikiran. Selain membahas mengeni pikiran, buku ini juga berkaitan dengan sosok terkenal dunia yang berasal dari bidang musik, olahraga, bisnis, sains dan sastra. Tokoh yang memiliki pola pikir tumbuh dapat mempertahankan kegembiraan dan kesuksesan di dalam hidup. Kondisi tersebut dapat terjadi akibat penekanan terhadap peran ikhtiar dan proses pembelajaran daripada mengandalkan kecerdasan dan bakat. Dalam bukunya, ada dua jenis mindset yang berhasil ditemukan seperti:

  1. Mixed mindset

Merupakan pola pikir manusia yang percaya bahwa hal-hal yang ia anut merupakan hal yang paling benar. Orang dengan pemikiran seperti ini lebih suka menghindari tantangan. Mereka lebih fokus terhadap hal-hal yang telah diketahuinya saja.

  1. Growth mindset

Pola pikir pertumbuhan ini mempercayai jika kecerdasan seseorang dapat dikembangkan. Hal ini yang membuat seseorang memiliki keinginan untuk mengubah dirinya menjadi lebih baik. Apabila menemui tantangan, orang dengan growth mindset akan berusaha untuk melaluinya dengan yakin.

Pola pikir seseorang tentunya berbeda satu sama lainnya. Perbedaan tersebut dapat dilihat melalui kebiasaan dan reaksinya terhadap kegagalan. Sang penulis buku Mindset menjelaskan bahwa potensi seseorang tidak dapat dilihat dari cara pandang, kepercayaan dan kemampuan untuk mengembangkan sesuatu hal. Buku karya Carol S. Dweck menerangkan ada 4 bagian penting yang ada pada kedua jenis mindset. Keempat bagian penting tersebut terdiri dari parenting, hubungan antar manusia, sekolah dan bisnis. Pengakuan yang diberikan oleh orang lain bukanlah hal penting yang harus diperhatikan. Ketika kita diberi label oleh orang lain, kebiasaan kita untuk mempertahankannya dapat menjadi masalah di dalam hidup. Kita dapat saja dikenal sebagai orang yang cerdas karena mampu mengatasi masalah tertentu. Lalu bagaimana jika kita tidak berhasil? Kita dapat saja berpikir untuk tidak menyelesaikan masalah dan mundur dari masalah yang sedang dihadapi.

Pertumbuhan seseorang dapat mati apabila ia memiliki mindset tetap. Sistem sekolah masih menggunakan jenis mindset ini dan sering memberikan label pintar kepada anak yang mendapatkan nilai tinggi. Padahal, predikat yang anak tersebut miliki bukanlah menjadi tolak ukur kesuksesan di masa yang akan datang. Karya sastra yang dihasilkan oleh profesor asal Amerika ini sangat dianjurkan untuk dibaca. Dari buku tersebut, kita dapat menilai akan perilaku orang-orang yang berada di sekitar. Kita juga dapat mengetahui sifat yang mereka miliki berdasarkan dengan pola pikir yang mereka gunakan ketika mengatasi sebuah masalah.

Mungkin masih ada banyak orang yang belum mengenal sosok Carol S. Dweck. Carol merupakan seorang wanita asal Amerika yang berprofesi sebagai profesor psikologi di Stanford University. Menjadi seorang profesor di universitas ternama dunia, Carol tentunya memiliki pemikiran yang berbeda dengan orang biasa. Hal tersebut dibuktikan melalui karya sastranya yang berisikan hal-hal menarik dimana tidak semua…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *